28 Finalist new 7 Wonders

Rabu, 19 Oktober 2011



1. Amazon

Hutan hujan Amazon, juga dikenal sebagai Amazonia, hutan Amazon atau Lembah Amazon, mencakup wilayah seluas tujuh juta kilometer persegi, walau hutannya saja mencakup sekitar 5,5 juta kilometer persegi, membentang pada sembilan negara. Amazon merupakan lebih dari separuh hutan hujan tersisa di planet ini dan terdiri dari bentang hutan hujan tropis paling kaya spesies di dunia. Sungai Amazon adalah sungai terbesar di dunia dalam hal volume, dengan total laju aliran lebih besar dari sepuluh sungai terbesar di dunia sekaligus. Sungai ini kurang lebih seperlima dari total aliran sungai di dunia dan memiliki daerah lembah resapan terbesar di dunia. Tidak ada satupun jembatan yang melintasi Amazon.

2. Bu Tinah Island

Lepas pantai barat Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, terletak kekayaan alami yang unik, liar dan tidak terganggu oleh kegiatan manusia: Pulau Bu Tinah. Ekosistem Bu Tinah yang berkembang pesat membentuk sebuah laboratorium hidup yang unik dengan signifikansi utama bagi riset perubahan iklim. Sebuah surga tak terganggu, Bu Tinah dapat banyak mengajarkan manusia mengenai perlindungan lingkungan dan kelangsungan hidup. Habitat alami khas ini memiliki perairan dangkal, padang lamun dan mangrove tinggi, terletak di tengah bentang terumbu karang yang luas. Tempat tinggal kehidupan laut yang indah dan terancam punah. Burung laut, termasuk flamingo dan osprey, berbagai jenis lumba-lumba dan penyu sisik punah tinggal di Bu Tinah. Perairan pulau ini merupakan tempat tinggal populasi dugong kedua terbesar di dunia, mamalia laut besar yang terancam punah di seluruh dunia. Pulau Bu Tinah Island, kaya keanekaragaman hayati, terletak dalam Cagar Biosfer Laut Marawah – suaka kelautan terbesar di wilayah ini. Perlindungan dan kelangsungan hidupnya harus dipastikan.

3. Galapagos

Kepulauan Galapagos adalah kepulauan vulkanik yang tersebar di garis khatulistiwa, 965 kilometer barat Ekuador daratan di Samudra Pasifik. Pulau-pulau ini adalah bagian dari sistem taman nasional Ekuador. Mereka terkenal karena besarnya jumlah spesies endemik.

4. Iguazu Falls

Air terjun Iguazu, di Sungai Iguazu, adalah salah satu air terjun terbesar di dunia. Air terjun ini membentang lebih dari 2.700 m dalam bentuk setengah lingkaran. Dari 275 air terjun yang jatuh yang secara kolektif membentuk Air terjun Iguassu, "Tenggorokan Setan" adalah yang tertinggi dengan ketinggian 80 m. Air terjun Iguazu terletak di perbatasan antara negara bagian ParanĂ¡, Brazil dan provinsi Misiones, Argentina dan dikelilingi oleh dua Taman Nasional (BR/ARG). Keduanya hutan hujan subtropis yang merupakan tempat tinggal ratusan spesies flora dan fauna langka dan terancam punah.

5. Komodo

Di Indonesia , Taman Nasional Komodo mencakup tiga pulau besar Komodo, Rinca dan Padar, serta banyak lagi pulau-pulau yang lebih kecil, dengan total luas 1.817 kilometer persegi (603 kilometer perseginya daratan). Taman nasional ditetapkan tahun 1980 untuk melindungi komodo. Kemudian, taman nasional ini juga didedikasikan untuk melindungi spesies lain, termasuk hewan laut. Pulau-pulau taman nasional berasal dari kegiatan vulkanik.

6. Milford Sound

Milford Sound, terletak di barat daya Pulau Selatan Selandia Baru, terletak di dalam Taman Nasional Fiordland. Memanjang 15 km ke pedalaman dari Laut Tasman dan dikelilingi oleh wajah-wajah tebing yang terjal yang menjulang 1200 m atau lebih di kedua sisinya. Di antara fitur-fiturnya yang paling mencolok adalah Puncak Mitre, menjulang 1.692 m di atas Sound, Puncak Gajah dengan ketinggian 1.517 m dan menyerupai kepala seekor gajah, dan Gunung Singa, 1.302 m, berbentuk singa merunduk. Hutan hujan lebat meliputi tebing ini, sementara anjing laut, pinguin dan lumba-lumba hidup di perairannya.

7. Table Mountain

Table Mountain merupakan ikon Afrika Selatan dan satu-satunya situs alami di planet ini untuk memiliki konstelasi bintang yang diberi nama yang sama - Mensa, yang berarti “meja”. Gunung berpuncak datar ini telah bertahan enam juta tahun erosi dan merupakan tempat tinggal kerajaan flora kecil tapi terkaya dengan lebih dari 1.470 spesies bunga. Gunung Meja memiliki sejumlah besar spesies langka dan terancam punah. Ini adalah situs yang paling dikenal di Cape Town, pintu gerbang Afrika, karena puncak datarnya yang unik dan mencapai 1.086 m dpl.

8. Angel Falls

Air Terjun Angel adalah air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian 1.002 meter, dan berlokasi dalam Taman Nasional Canaima di Negara Bagian Bolivar, di sepanjang perbatasan dengan Brazil. Air terjun ini lebih dari 19 kali tinggi Air Terjun Niagara. Tinggi air terjun tak terbatas adalah 807 m.

9. Cliffs Of Moher

Terletak di daerah Clare, Tebing Moher termasuk tempat yang paling mengesankan di Irlandia. Tebing-tebing ini sebagian besar adalah bentangan batuan Namurian dan batu pasir, dengan batuan tertua yang ditemukan di bagian bawah tebing. Kita dapat melihat jalur-jalur sungai tua berumur 300 juta tahun memotong dasar tebing.Terdapat banyak hewan yang hidup di tebing-tebing ini, sebagian besar dari mereka burung.

10. Grand Canyon

Grand Canyon, terbentuk oleh Sungai Colorado selama 6 juta tahun, memiliki panjang 446 km, lebarnya berkisar 6-29 km dan mencapai kedalaman lebih dari 1,6 km. Selama zaman prasejarah, daerah itu dihuni oleh penduduk asli Amerika yang membangun permukiman di lembah dan gua-gua yang banyak.

11. Jeita Grotto

Gua-gua Jeita adalah kumpulan gua mengkristal di Libanon yang terletak 20 km sebelah utara Beirut di Lembah Nahr al-Kalb (Anjing Sungai). Gua-gua ini terdiri dari dua gua kapur, galeri atas dan sebuah gua yang lebih rendah dimana terdapat sebuah sungai sepanjang 6230 m. Secara geologis, gua-gua membentuk terowongan atau jalur sungai bawah tanah. Dalam gua ini dan galeri, gerakan air di batu kapur telah menciptakan kubah-kubah katedral penuh dengan berbagai ukuran, warna dan bentuk stalaktit dan stalagmit, tirai yang megah dan formasi batuan yang fantastis. Total panjang gua lebih dari 9000 m dan ada satu di antara stalaktit terbesar di dunia dengan panjang 8,20 m. Gua mengakomodasi aula besar dengan jarak 108 m dari langit-langit sampai permukaan air.

12. Maladewa

Kepulauan Maladewa membentuk sebuah negara kepulauan yang terdiri dari 26 atol di Samudera Hindia. Pulau-pulau ini terletak di sebelah selatan pulau Lakshadweep di India, sekitar 700 kilometer baratdaya Sri Lanka. Maladewa mencakup 1.192 pulau-pulau kecil, kira-kira dua ratus di antaranya berpenghuni.

13. Mud Volcanoes

Istilah kawah lumpur atau kubah lumpur digunakan untuk mengacu pada formasi yang tercipta oleh cairan dan gas yang keluar dari dalam bumi, meskipun ada beberapa proses yang berbeda yang dapat menyebabkan aktivitas semacam ini. Diperkirakan bahwa 300 dari sekitar 700 kawah lumpur ditemukan di Gobustan, Azerbaijan dan Laut Kaspia. Di Azerbaijan, semburan didorong dari reservoir lumpur dalam yang terhubung ke permukaan bahkan selama periode tidak aktif, ketika air merembes masih menunjukkan asal yang dalam. Rembesan lumpur bertemperatur sampai 2-3 ° C di atas suhu ambien. Pada tahun 2001, salah satu gunung lumpur 15 kilometer dari Baku menjadi berita utama dunia ketika tiba-tiba mulai memuntahkan api dengan ketinggian 15 m.

14. Uluru

Uluru (Ayers Rock) adalah salah satu ikon alam yang paling dikenal Australia. Formasi batu pasir yang terkenal di dunia berdiri 348 m di atas permukaan laut dengan sebagian besar tertanam di bawah tanah, dan ukuran lingkarnya 9,4 km. Uluru tampak berubah warna bila terkena cahaya yang berbeda pada waktu di hari dan tahun yang berbeda.

15. Bay of Fundy

Teluk Fundy terkenal karena pasangnya tertinggi dunia (mencapai 16,2 meter). Seratus milyar ton air laut keluar masuk Teluk Fundy dua kali dalam seharinya – lebih banyak jumlah air dari seluruh sungai di dunia sekaligus. Pasang surut Fundy menciptakan dinamika ekosistem laut yang sangat beraneka ragam. Teluk ini terkenal dengan formasi batu karangnya, efek pasang ekstrimnya (vertikal, horizontal, pesat dan melingkar ke bawah) dan pembangunan pantai berkelanjutan. Teluk ini juga lahan pangan internasional yang kritis untuk burung-burung berpindah, habitat yang hidup untuk spesies paus Right yang langka dan terancam, dan salah satu dari wilayah penting temuan fosil-fosil tumbuhan dan hewan. Teluk Fundy terletak antara propinsi-propinsi New Brunswick dan Nova Scotia di Kanada dan pantai timur Amerika Utara.

16. Laut Mati

Laut Mati adalah danau garam yang terletak berbatasan sebelah barat dengan Palestina dan Israel dan Yordania di bagian timurnya. Terletak pada ketinggian 420 meter di bawah permukaan laut, pantainya adalah titik terendah di bumi yang di merupakan dataran kering. Dengan salinitas 30 persen, kadar ini 8,6 kali lebih asin dari laut.

17. Great Barrier Reef

Great Barrier Reef adalah sistem terumbu karang terbesar di dunia, memiliki sekitar 3.000 individu terumbu dan 900 pulau-pulau yang membentang dalam area 2.600 km atau sekitar 344.400 km persegi. Ini adalah struktur tunggal terbesar yang terbentuk oleh oleh makhluk hidup dan dapat dilihat dari luar angkasa

18.Jeju Island

Jejudo adalah sebuah pulau vulkanik, 130 km selatan garis pantai Korea. Merupakan pulau terbesar dan provinsi terkecil di Korea, pulau ini memiliki luas permukaan 1.846 km2. Sebuah fitur utama dari Jeju adalah Hallasan, gunung tertinggi di Korea Selatan dan gunung berapi aktif, yang muncul 1.950 m di atas permukaan laut. 360 gunung berapi satelit di sekitar gunung berapi utama.

19. Masurian Lake District

Distrik Danau Masurian atau Masurian Lakeland adalah sebuah distrik di timur laut Polandia memiliki lebih dari 2.000 danau. Wilayah ini membentang ke arah timur sekitar 290 km dari Sungai Vistula selatan ke perbatasan Polandia-Lithuania dan menempati wilayah sekitar 52.000 kilometer persegi. Distrik danau dibentuk pada zaman es Pleistocene. Banyak bukit-bukit yang merupakan bagian dari morain dan banyak danau-danaunya adalah dibendung oleh moraine.

20. Underground River

Taman Nasional Sungai bawah tanah Puerto Princesa berlokasi sekitar 50 km sebelah utara dari kota Puerto Princesa, Palawan, Filipina. Bentang alam ini memiliki pegunungan kapur dengan 8,2 km sungai bawah tanah yang dapat dilayari. Sebuah ciri khusus dari sungai adalah ia berkelok dalam gua sebelum mengalir langsung ke Laut Cina Selatan. Ini termasuk formasi utama stalaktit dan stalagmit, dan beberapa ruang besar. Bagian bawah sungai terpengaruh pasang surut. Sungai bawah tanah ini terkenal sebagai yang terpanjang di dunia. Di mulut gua, laguna bening dibingkai oleh pohon-pohon purba yang tumbuh tepat di tepi air. Monyet, biawak besar, dan tupai menjadikan ceruk di pantai dekat gua sebagai tempat tinggalnya.

21. Vesuvius

Gunung Vesuvius adalah gunung berapi di timur Napoli, Italia. Ini adalah satu-satunya gunung berapi di daratan Eropa yang telah meletus dalam seratus tahun terakhir, meskipun saat ini tidak meletus. Vesuvius terkenal karena letusan di tahun 79 M yang menyebabkan kehancuran kota-kota Romawi Pompeii dan Herculaneum. Gunung ini telah meletus beberapa kali sejak itu dan saat ini dianggap sebagai salah satu gunung berapi yang paling berbahaya di dunia.

22. Black Forest

Hutan Hitam (Schwarzwald) adalah bentangan pegunungan berhutan di baratdaya Jerman. Berbatasan dengan lembah Rhine pada bagian barat dan selatannya. Puncak tertingginya adalah gunung Feldberg dengan ketinggian 1.493 meter. Wilayah ini hampir persegi empat panjang 200 km dan lebar 60 km.

23. El Yunque

Hutan Nasional El Yunque, sebelumnya dikenal sebagai Hutan Nasional Karibia, terletak di pulau Puerto Rico. Nama yang sama juga untuk puncak gunung tertinggi kedua di hutan ini. El Yunque adalah satu-satunya hutan hujan tropis di Sistem Hutan Nasional Amerika Serikat.

24. Halong Bay

Teluk Halong terletak di provinsi Quang Ninh, Vietnam. Teluk ini terdiri dari ribuan karsts dan pulau-pulau kecil batuan kapur dengan berbagai ukuran dan bentuk. Teluk ini memiliki garis pantai sepanjang 120 kilometer dengan luas sekitar 1.553 kilometer persegi terdiri dari 1.969 pulau-pulau kecil. Beberapa pulau yang berlubang, dengan gua-gua yang sangat besar, lainnya terdapat desa-desa nelayan terapung yang berlalu-lalang di perairan dangkal untuk menangkapi 200 spesies ikan dan 450 jenis moluska. Fitur lain yang spesifik terdapat di Teluk Halong adalah banyaknya danau di dalam pulau-pulau batu kapur, misalnya, Pulau Dau Be memiliki enam danau tertutup. Semua danau ini menempati pulau tenggelam dalam fengcong karst.

25. Kilimanjaro

Dengan tiga kerucut gunung berapi, Kibo, Mawensi, dan Shira, Gunung Kilimanjaro adalah gunung api tidak aktif strato di bagian barat laut Tanzania. Ini adalah gunung yang berdiri bebas tertinggi di dunia, dengan ketinggian 4.600 m dari dasarnya, dan termasuk puncak tertinggi di Afrika dengan 5.895 meter.

26. Matterhorn/Cervino

Matterhorn/Cervino mungkin merupakan gunung yang paling dikenal di pegunungan Alpen di Eropa. Di perbatasan antara Swiss dan Italia, menara di atas desa Zermatt di Swiss dan desa Breuil-Cervinia, Italia, di Tournanche Val. Gunung ini memiliki empat wajah, menghadap empat arah mata angin, masing-masing, dengan wajah utara dan selatan bertemu untuk membentuk punggungan puncak pendek timur-barat. Wajah-wajah yang curam, dan hanya sebagian kecil dari bersalju dan es melekat padanya; longsoran salju secara teratur menjatuhkan salju dan menumpuk pada gletser di dasar setiap wajah

27. Sundarbans

Delta Sundarbans, di mulut sungai Gangga, adalah hutan bakau terbesar di dunia, membentang di sebagian Bangladesh dan Bengal Barat, India. Sundarbans terdiri dari jaringan kompleks saluran air pasang surut, lumpur dan pulau-pulau kecil hutan bakau penyaring garam. Daerah ini dikenal dengan berbagai jenis fauna, dengan harimau Royal Bengal yang paling terkenal, tetapi juga termasuk banyak burung, rusa melihat, buaya dan ular.

28. Yushan

Yushan, bagian dari Taman Nasional Yushan, adalah pegunungan pusat di Taipei Cina dan juga nama dari titik tertinggi dari pegunungan ini. Pegunungan ini juga disebut Gunung Giok dan tingginya mencapai 3.952 m di atas permukaan laut. Taman ini juga dikenal beragam satwa liar dan ekologi. Lingkungan di sekitar Yushan itu sendiri membentang dari hutan sub-tropis pada bagian dasarnya sampai ke kondisi alpine pada puncaknya.
Sumber